Kamis, 14 November 2013

SISTEM OPERASI (Pertemuan III)

PERTEMUAN III
SISTEM OPERASI
(Operating System)

DESKRIPSI MATA KULIAH:
Matakuliah ini mengajarkan konsep dasar Sistem Operasi, dimana matakuliah berisi tentang perkembangan dan komponen-komponen penyusun Sistem Operasi.
Dalam matakuliah ini tidak secara khusus membahas Sistem Operasi yang beredar luas di masyarakat secara konseptual.   Namun konsep umum yang sama di setiap OS.
Apabila diperlukan DOS, Windows dan LINUX dibahas sebagai contoh kasus.

KOMPETENSI MATA KULIAH
Setelah menempuh matakuliah ini mahasiswa dapat menjelaskan konsep dasar sistem operasi, khususnya komponen-komponen pembentuk suatu sistem operasi.
Mahasiswa dapat menjelaskan konsep penjadwalan CPU, pengaturan memory, dan sistem I/O
Mahasiswa dapat mencari penerapan konsep sistem operasi pada sistem operasi populer
Mahasiswa dapat membuat program sederhana yang berhubungan dengan sistem operasi

POKOK BAHASAN:
1.Pendahuluan (Overview) dan silabus – 29/8
2.Struktur Sistem Komputer – 5/9
3.Struktur Sistem Operasi –  12/9
4.Process - 19/9
5.Thread –  26/9
6.Penjadwalan CPU – 3/10
7.Sinkronisasi Proses & TK1 – 10/10
MID TEST/UJIAN TENGAH SEMESTER
8.Deadlock (kebuntuan) – 31/10
9.Manajemen Memori – 7/11
10.Memori Virtual –  14/11
11.File System Security – 21/11
12.Input/Output System & TK2 – 28/11
13.Presentasi Program – 5/11
14.PRESENTASI SISTEM OPERASI
UJIAN AKHIR SEMESTER

KEPUSTAKAAN
Silberschatz, Avi, Galvin, Peter, Gagne, Greg, 2006, Operating System Concepts 7ed and 8ed, John Wiley & Sons, Inc.
Silberschatz, Avi, Galvin, Peter, Gagne, Greg, 2004, Operating System Concepts with Java 6ed, John Wiley & Sons, Inc.
Tanenbaum, Andrew S., 1992, Modern Operating Systems, Prentice-Hall, Inc., Englewood Cliffs, New Jersey.
Silberschatz, Avi, Galvin, Peter, Gagne, Greg, Operating System Concepts Essentials, John Wiley & Sons, Inc.
Rahmat M. Samik-Ibrahim, M.Sc, Pengantar Sistem Operasi Komputer, Ardi Publishing, 2004

PENGANTAR SISTEM OPERASI
Sebuah program yang merupakan perantara antara pengguna komputer dan hardware komputer
Komputer = tubuh, SO = roh
SO digunakan dalam hal:
Mengeksekusi program dan membantu menyediakan lingkungan bagi program yang mudah untuk berinteraksi dengan system resource

TUJUAN SO
Convenience : user merasakan kemudahan dan kenyamanan dalam penggunaan
Efficiency : resources system harus dapat di utilisasi semaksimal mungkin
Robustness : kehandalan sistem proteksi terhadap kesalahan dari user / sistem
Evolution  : memudahkan pengembangan, mendukung sistem baru dan program aplikasi yang berkembang

LAYANAN SO
Menyediakan user interface
Menyediakan program execution
Menyediakan I/O operations
Menyediakan file-system manipulation
Menyediakan system communications / networking
Mampu melakukan error detection
Mampu melakukan resource Sharing
Ada fasilitas security
Fasilitas accounting system

JENIS PLATFORM DAN SO
Microcomputers: Unix, Windows, Linux
Mainframe: IBM, Unix
Supercomputer: IRIX, Linux
Workstation, server: Linux, Windows
Networking: Linux, Netware, Windows
PDA: Blackberry, Linux, Palm, Windows Mobile
Smarphone: Symbian, Linux, Windows Mobile, Android, RIM

KOMPONEN SISTEM KOMPUTER
1.Perangkat keras
  CPU, RAM, storage (harddisk, floppy disk, CDROM, dsb), piranti I/O (printer, scanner, dsb)
2.Operating System
  Mengontrol dan mengkoordinasikan penggunaan hardware dari berbagai program aplikasi dan user
3.Program-program aplikasi
  Pengaturan penggunaan system resources untuk  pemecahan problem kebutuhan user (kompiler, sistem basis data, games, dan program-program untuk bisnis)
4.User
  Orang, mesin, atau komputer lain

4 (empat) KOMPONEN SISTEM KOMPUTER
PROCESS
Process – program dalam mode eksekusi
Eksekusi program harus pada suatu waktu yang sekuensial
FOREGROUND vs BACKGROUND PROCESS
THREAD
Process vs Thread
1.Process: suatu aplikasi yg running
  Thread: beberapa kegiatan dlm 1 proses
2.Keuntungan:
  Responsiveness
  Resource Sharing
  Economy
  Utilization of Multi Processors Architectures

SINGLE vs MULTI THREAD

FIREFOX vs GOOGLE CHROME
SCHEDULLING
Memilih proses mana dari memory yang siap diekseskusi dan mengalokasikan resource/CPU kepadanya.
Keputusan penjadwalan CPU mungkin terjadi waktu proses:
1.    Switches from running to waiting state
2.    Switches from running to ready state
3.    Switches from waiting to ready
4.    Terminates
Scheduling no 1 dan 4 adalah non-preemptive, Selainnya bersifat preemptive

SYNCHRONIZATION
Why process synchronization needed?
Akses secara konkuren (hampir bersamaan) terhadap data yang bersifat shared, dapat menyebabkan data tidak konsisten
Terjadi race condition
Banyak algoritma sinkronisasi
FCFS (First Come First Served)
SJF (Shortest Job First) preemptive dan non preemptive
RR (Round Robin)

DEADLOCK
Pada multiprogramming, beberapa proses hanya memiliki resource yang terbatas.
Jika tidak ada resource yang tersedia, process harus menunggu
2 types of resource:
Preempt-able, ex: memory
Non-preempt able, ex: printer
Harus menunggu jika resource tidak boleh dipakai
Permintaan proses mungkin diblok
Mungkin bisa gagal dengan kode error tertentu


MEMORY
Program harus dibawa (dari disk) ke memory dan ditempatkan pada alamat tertentu agar dapat berjalan
Main memory dan registers adalah satu-satunya tempat penyimpanan yang dapat langsung diakses oleh CPU
Register mengakses dalam 1 CPU clock (bisa kurang)
Main memory mengakses dalam bnyk cycles / clock
Cache berada diantara main memory dan CPU registers
Protection of memory dibutuhkan untuk menjamin agar operasinya benar


VIRTUAL MEMORY
Virtual memory – pemisahan antara memori logis dari memori fisik.
Hanya bagian dari program yang dibutuhkan saja yang harus ada dalam memory untuk dieksekusi
Logical address space dapat lebih besar daripada physical address space
Memperbolehkan address spaces untuk disharing oleh beberapa processes
Menyebabkan pembuatan proses secara lebih efisien

VIRTUAL MEMORY PAGE REPLACEMENT
Algoritma FIFO
Algoritma Optimal
Algoritma LRU
Algoritma Perkiraan LRU

KONSEP FILE
File adalah kumpulan informasi yang berhubungan dan tersimpan dalam secondary storage
Tipe:
Data (character, numeric, binary)
Program
Direktori
Device
Sifat: persistance, big size, dan sharability

FILE MANAGER
ATRIBUT FILE
1.Name – disimpan dalam human readable name
2.Identifier – unique tag (number) dalam file system
3.Type – dibutuhkan oleh sistem (ex: .txt)
4.Location – pointer to file location di harddisk
5.Size – current file size
6.Protection – controls siapa yang reading, writing, executing
7.Time, date, and user identification – data untuk protection, security, and usage monitoring
8.Information about files are kept in the directory structure, which is maintained on the disk

FILE PROPERTIES
PERANGKAT I/O
1.Perangkat block:
  Meliputi berbagai disk drive
2.Perintah baca, tulis, pencarian data
  Dapat digunakan untuk mengakses memory pada disk
3.Perangkat character:
  Contoh: keyboard, mouse
4.Perintah menulis, mengambil
  Dapat dibuat library pengakses data per-baris
5.Perangkat jaringan:
  Socket: penghubung komputer dengan jaringan.
  Komunikasi antar komputer dilakukan melalui socket.

CHARACTERISTICS of I/O DEVICE
MS DOS
What is MS-DOS?
MS-DOS stands for Microsoft Disk Operating System. MS-DOS controls the computer’s hardware and provides an environment for programs to run.
Run in single user, stand alone desktop computer
Simple, only have few instructions
For Intel 8086, 8088, 80186, & 80286

ARCHITECTURE of WINDOWS XP
ARCHITECTURE of LINUX
Materi pertemuan IV tentang Struktur Sistem Komputer akan diperoleh mahasiswa dalam format
ekstensi Pdf.
Terima Kasih





Tidak ada komentar:

Posting Komentar